Fakta Unik Belut Moray

Fakta Unik Belut Moray

Fakta Unik Belut Moray – Belut moray sendiri adalah saah satu jenis belut laut yang memiliki ukuran tubuh yang begitu besar dibandingkan dengan belut pada umumnya. Belut moray ini sendiri merupakan keluarga dari belut kosmopolitan. Di lautan sendiri ini ada sekiar 200 spesies dalam 15 genera hampir secara eksklusif dan ada juga yang terlihat di perarairan air payau bahkan ada beberapa ditemuka di perairan tawar.

Belut moray sendiri diperkirakan dapat tumbuh hingga mencapai 3 meteran dan dengan berat 30 kilogram tubuh belut moray memiliki warna coklat dengan bintik hitam yang cendrung berada di atas tubuhnya sedangkan belut moray muda biasanya memiliki warna Slot Online coklat dangan bintik hitam yang besar. Belut moray ini merupakan hewan nokturnal atau biasa disebut dengan hewan yang selalu beraktifitas pada malam hari sedangakn di siang hari belut moray selalu menghabiskan waktu berdiam diri di dalam celah terumbu karang. Belut moray sendiri termasuk dalam golongan hewan karnivora karena dia merupakan predator yang sering berburu ikan, krustasea, moluska di laut sana.

Penyebaran belut moray

Belut moray sendiri dapat ditemui di wilayah peraiaran indo pasifik, termasuk perairan Indonesia. Belut ini juga di temui di kepulauan hawai,polinesia,kepulauan picairn,pantai timur afrika,laut merah,jepang, dan kepulauan Australia. Di Indonesia sendiri terdapat 8 spesies belut moray dari family muraenidae. Yang dimana 6 spesies dari genus Gymnothorax dan 2 spesies dari genus stropidon.

Karakteristik yang paling unik pada belut laut ini terdapat pada tubuhnya yang bermotif dan berwarna cerah, karena untuk dijadikan sarana kamuflase serta jika dilihat sekilas memiliki bentuk yang hampir sama seperti halnya ular walaupun masih tergolong kedalam kelompok ikan tapi sangat berbeda dengan bentuk ikan pada umumnya yang memiliki sisik kecil serta siripnya memanjang.

Memiliki tubuh yang panjang 1 hingga 3 meter dengan berat lebih dari 36 kg, namun pernah ditemukannya moray terpanjang adalah jenis Strophidon sathete dengan panjang mencapai 4 meter dan memiliki berat hampir sebanding dengan panjang tersebut habitat hidupnya secara soliter yang terbesar diseluruh perairan teropis didunia salah satunya Indonesia.